Kamis, 23 April 2009

Tugas Mandiri Konsep SIFO


PT. GUDANG GARAM.Tbk


Tipe :Publik
Didirikan :1958
Letak :Kediri, Jawa Timur
Tokoh penting :Rachman Halim, Presiden Direktur
Industri :Rokok
Produk :Gudang Garam Merah,Gudang Garam Filter,Taman
Sriwedari,Sigaret Kretek Klobot, Surya Signature, Surya Slims
Situs :www.gudanggaramtbk.com

















SEJARAH BERDIRINYA PT. GUDANG GARAM.Tbk


Visi untuk hari ini Gudang Garam sukses mulai kembali pada tahun 1958.
Pada tanggal 26 Juni 1958, Bapak Surya Wonowidjojo memulai usaha sebagai 'home industri' menjual produk rokok Kretek di bawah merek Gudang Garam. Menggunakan alat tradisional, perusahaan yang awalnya disewa sekitar 50 orang hanya untuk membuat awal produksi Rokok Kretek Klobot (SKL), rokok Kretek menggunakan husks kering jagung sebagai pembungkus rokok dan Hand Made Cigarette (SKT) pada pabrik yang berlokasi di sewa tanah 1000m2 di Jalan semampir II / I di Kediri, Jawa Timur. Gudang Garam awalnya diproduksi sekitar 50 juta rokok di 1959. Pada mulanya, produk yang dijual langsung lokal di daerah Kediri, tapi Gudang Garam terkenal adalah untuk segera menyebar.
Dalam waktu 10 tahun popularitas merek Gudang Garam yang dipimpin pendiri mempertimbangkan untuk ekspansi. Dalam 1969, perusahaan berubah statusnya dari milik tunggal untuk formal kemitraan. Bank Negara Indonesia (BNI) menjadi kuat dari Gudang Garam keuangan mitra memberikan bantuan modal, pertama dalam jutaan rupiah dan kemudian dalam miliar sebagai perusahaan berkembang.
Pada tahun 1971, status perusahaan menjadi Kewajiban Perseroan Terbatas (PT) dan mendapatkan fasilitas Penanaman Modal Dalam Negeri. Yang baru boleh status PT Gudang Garam untuk menjadi lebih maju dalam hal kualitas produksi, manajemen dan teknologi. Kemudian, pada 1979, PT Gudang Garam mulai memproduksi Machine Made Cigarette. Produksi Mesin Rokok Made tidak mempengaruhi prinsip kerja intensif, bahkan lebih Penyalahgunaan diberikan kesempatan kerja.
Bapak Surya Wonowidjojo, wafat pada tahun 1985. Dia meninggalkan kenangan indah kepada seluruh karyawan PT Gudang Garam. Saat ini, industri rokok yang telah menjadi lebih kompetitif yang menyebabkan perusahaan untuk bekerja keras untuk mempertahankan pertumbuhan dan para karyawan kesejahteraan tujuan Bapak Surya Wonowidjojo.
Dalam rangka memperkuat struktur ibukota dan posisi keuangan, PT Gudang Garam yang ditawarkan dan dijual sebagai bagian dari saham kepada publik melalui bursa saham di Indonesia pada tahun 1990.
Pada tahun 1991, PT Gudang Garam mengambil jangka panjang keputusan strategis untuk diversifikasi. Pada tahun PT Gudang Garam mengembangkan usaha industri kertas, dengan mendirikan PT Surya Pamenang yang juga berbasis di Kediri. Saat ini, 99% dari PT Surya Pamenang dari saham dimiliki oleh PT Gudang Garam.
Sebelum pindah ini, perusahaan yang bergantung pada impor bahan-bahan untuk kemasan, tetapi masuk ke bisnis ini baru terjamin konstan penyediaan berkualitas tinggi domestik-sumber bahan kemasan. Hari ini, PT Surya Pamenang telah berkembang di luar layanan kebutuhan para orangtua, PT Gudang Garam, pengadaan yang lebih luas, baik domestik maupun luar negeri pasar ekspor.
PT Surya Pamenang produk sekarang termasuk: - Dilapisi Folding Boxboard - Dilapisi Solid Bleached Board - Dilapisi duplex Board













Aktivitas bisnis

Mengingat PT. Gudang Garam.Tbk adalah perusahaan rokok, maka produk yang diperdagangkannya adalah tentunya rokok. PT. Gudang Garam.Tbk merupakan perusahaan rokok terbesar di Indonesia dan sudah lama berdiri di Indonesia.
Dalam menjalankan bisnisnya, PT. Gudang Garam.Tbk sudah mencakup hampir sebagian besar wilayah Indonesia, bahkan sudah melakukan ekspor ke luar negeri. Untuk memenuhi daerah pendistribusian yang sangat luas, maka dalam penyebaran produk, PT. Gudang Garam.Tbk juga memperlengkapi perusahaannya dengan sarana dan prasarana yang maksimal. Dengan dibuatnya web e-commerce, dan didirikannya distributor yang merupakan cabang resmi dari PT. Gudang Garam. Tbk tentunya akan mempermudahnya dalam memenuhi permintaan dari konsumen.
Setelah barang selesai diproduksi, maka produk yang berupa rokok akan disebarkan secara langsung kepada konsumen atau kepada distributor yang kemudian akan menyebarkan produk ke grosir-grosir atau toko-toko yang ada di Indonesia. Bisa juga melakukan pemesanan langsung ke PT. Gudang Garam.Tbk melalui web atau e-mail yang telah disediakan oleh PT. Gudang Garam.Tbk.
Model bisnis yang dilakukan oleh PT. Gudang Garam.Tbk cukup bekerja secara maksimal, mengingat produknya sudah dapat tersebar di hampir sebagian besar wilayah Indonesia.
Tak heran seiring dengan suksesnya bisnis rokok yang dijalankan oleh PT. Gudang Garam.Tbk menjadikan pemilik perusahaan ini dinobatkan menjadi salah satu orang yang berdiri dalam jajaran orang terkaya di Indonesia dan Asia Tenggara.









Komponen SIFO

· Sumber Daya Manusia
Para pakar, teknisi, distributor, dan programmer yang membuat software, serta orang lain yang menggunakan sistem informasi dalam berlangsungnya bisnis yang dilakukan oleh PT. Gudang Garam.Tbk.

· Sumber Daya Hardware
Mesin, Komputer, Telepon, Faximile, dan lain-lain.

· Sumber Daya Software.
Program-program sistem operasi, program spreadsheet (pembukuan), prosedur pendistribusian.

· Sumber Daya Data
Berkas karyawan, database persediaan, deskripsi produk, daftar pelanggan.

· Sumber Daya Jaringan
Media komunikasi, software untuk akses dan pengendalian jaringan.



Pengembangan produk

· PT. Gudang Garam.Tbk melakukan gebrakan-gebrakan baru dengan memproduksi barang baru yang lebih menarik untuk bersaing dengan produk baru sejenis.
· Perusahaan ini mengemas produk lama dengan kemasan baru, sehingga produk lama tidak kalah saing dengan produk baru.
· Menjaga kestabilan harga agar tidak kalah saing dengan produk lain sejenis.
· Menjaga distribusi produk agar dapat mencakup seluruh wilayah Indonesia dan tepat pada sasaran pemasaran (tidak meleset dari konsumen).

Strategi pengembangan

· Memproduksi produk baru dengan kualitas dan cita rasa yang tinggi dan belum pernah diproduksi oleh perusahaan lain sejenis.
· Mengemas ulang produk lama dengan kemasan baru, serta menciptakan versi baru dari produk lama.
· Memasang harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan produk lain sejenis.
· Menempatkan distributor yang lebih banyak serta tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Distributor juga harus mencakup daerah pelosok. Agar dapat dinikmati oleh masyarakat kecil, serta produk yang ditawarkan sesuai dengan tingkatan ekonomi konsumen.






Dukungan untuk pelanggan

· Melakukan event-event atau acara-acara yang dapat menarik perhatian konsumen, seperti: konser musik. Kegiatan ini juga sekalian dilakukan sebagai ajang promosi.
· Menempatkan banyak distributor dan cabang pabrik, sehingga konsumen tidak sulit dalam mendapatkan produk. Dengan kata lain, tidak terjadi kelangkaan barang.
· Memasang harga yang bersaing dengan produk lain sejenis agar tidak ditinggalkan oleh konsumen.
· PT. Gudang Garam.Tbk terbuka untuk kerjasama dengan masyarakat sebagai distributor di daerah masing-masing.
· PT. Gudang Garam.Tbk juga menyalurkan produk langsung ke grosir atau toko, sehingga grosir atau toko tidak lagi mengeluarkan biaya transport untuk mendapatkan produk.


PT. Gudang Garam.Tbk menyesuaikan harga produk dengan tingkatan kelas ekonomi konsumennya. Akan tetapi, hal ini bukan berarti dengan harga murah, produk yang ditawarkan juga murahan. PT. Gudang Garam.Tbk tetap menjaga cita rasa dari rokok meskipun dipatok dengan harga murah.

Untuk masyarakat ekonomi kelas atas, PT. Gudang Garam.Tbk memberikan produk yang sesuai dengan harganya. Cita rasa yang tinggi membuat produk Gudang Garam semakin diakui di antara produk lain sejenisnya.

Kelompok konsumen memilih bekerja sama dengan PT. Gudang Garam.Tbk dikarenakan oleh beberapa faktor:

· Produk dari PT. Gudang Garam.Tbk mudah didapatkan, sehingga mudah pula untuk dipasarkan.
· Produk yang ditawarkan kepada distributor harganya lebih murah, sehingga distributor dapat memperoleh untung jika menyalurkannya ke masyarakat.
· Produk PT. Gudang Garam.Tbk sangat laris di pasaran, sehingga distributor tidak perlu takut produk yang akan disalurkannya tidak laku.


Strategi dalam menghadapi persaingan

· Memproduksi barang yang belum pernah diproduksi oleh perusahaan lain sejenis. Hal ini membuat perusahaan lain kalah saing.
· Mematok harga yang lebih terjangkau dibandingkan produk lain.
· Melakukan pelatihan terhadap karyawan, sehingga karyawan menjadi terlatih dan terdidik. Hal ini dilakukan untuk produk yang lebih baik.
· Banyak melakukan promosi, seperti: menyelenggarakan konser musik, festival modifikasi kendaraan bermotor, dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar produk PT. Gudang Garam semakin terkenal dan laris di pasaran.
Strategi dalam menghadapi kejahatan

· Memperbanyak petugas keamanan di sekitar perusahaan, pabrik, serta gudang persediaan.
· Menempatkan ahli komputer untuk melindungi data-data perusahaan dari cyber crime.


Prospek bisnis dari PT. Gudang Garam.Tbk sangat bagus, mengingat produk-produknya sudah dikenal dan laris di masyarakat. Di pasaran, produk-produknya banyak ditemui dan sangat diminati oleh banyak kalangan, mulai dari kelas bawah, menengah, sampai kelas atas. Dari segi persaingan, perusahaan ini juga memimpin di antara perusahaan lain sejenis.


Tampilan situs dari PT. Gudang Garam.Tbk (
http://www.gudanggaramtbk.com/) cukup menarik dan tidak terlalu rumit. Menu-menunya juga interaktif, disertai dengan logo-logo gerak dari perusahaan tersebut. Hanya disayangkan, situs ini dikemas dalam bahasa inggris. Sehingga sulit untuk dimengerti oleh masyarakat awam.